Blog Yayasan Salib Suci merupakan wadah berbagi info,opini dan pengalaman dari para guru maupun siswa siswi yang berada di bawah naungan Yayasan Salib Suci. Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi blog kami.

Terpopuler

Slide Foto

Kamis, 19 Mei 2011

SMA Talenta Meraih Peringkat 3 Pada Event Life Science Symposium

Anglo Chinese School (ACS) di Singapura mengadakan perlombaan Life Sience Symposium (LSS) setiap tahunnya. Perlombaan ini telah diikuti oleh berbagai negara seperti Indonesia, India, Vietnam, Malaysia, dan Mexico.
Dalam perlombaan ini peserta diharuskan membuat sebuah karya sesuai tema yang telah dianjurkan. Karya tersebut akan dinilai oleh panitia sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Setelah proses penilaian, panitia pun akan mengumumkan peserta mana saja yang masuk 10 besar. Peserta yang berhasil mendapatkan peringkat 1 – 10 itu akan pergi ke Singapura untuk melakukan expo.

Para peserta LSS tahun ini hanya dari Negara-negara ASEAN. Hal itu dikarenakan event LSS tahun ini bertepatan dengan ulang tahun ACS ke-25 yang merupakan event besar mereka tahun ini.
Tema LSS tahun ini adalah CREARE yaitu creativity and productivity.

SMA Taleta yang juga mengikuti kompetisi ini melakukan penelitian pemanfaatan kulit pisang menjadi cuka. Topic ini merupakan penelitian dari Ibu Septy Nuraelis,S.Si, guru biologi SMA Talenta. Penelitian tersebut kemudian dikembangkan oleh siswa siswi Talenta yang terdiri dari Clarissa.A, Maggie.T.D, Regina .N, Malvin.M dan Ibu Anita Kurniawan,ST sebagai guru pembimbing dengan melakukan perubahan pada cara kerja dan bahan baku.

Untuk symposium tersebut, tim SMA Talenta membawa hasil penelitian, presentasi dan display flowchart untuk di pajang di tempat expo. Dalam ajang itu, penjurian dilakukan dua kali yaitu berdasarkan papper dan presentasi yang dilakukan di tempat expo.

Tim SMA Talenta mendapatkan posisi juara ke-3 pada pembuatan papper dan juara ke-2 pada presentasi hasil penelitian. Kesan yang kami dapat selama acara adalah LSS ini adalah event tahunan yang menarik dan merangsang siswa dan guru untuk selalu berinovasi. Banyak hal yang dapat di adaptasi dari sekolah ACS. Semoga SMA Talenta dapat berprestasi lagi pada event LSS mendatang

(Clarissa A dan Anita.K/SMA TALENTA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar